Kartu undangan Falah 41

0
Kartu undangan Falah 41  Edisi Falah 41 ini berbentuk lipat tiga dan memiliki postur yang Standar. Divariasi dengan ornamen wayang dan bemotif klasik yang berwarna coklat. Dilengkapi dengan plastik pembungkus.

Kartu undangan Falah 41
Kartu undangan Falah 41 Tampak Depan


Kartu undangan Falah 41 Tampak Depan
Kartu undangan Falah 41 Tampak Depan
Kartu undangan Falah 41 Tampak Dalam
Kartu undangan Falah 41 Tampak Dalam


SPESIFIKASI UNDANGAN  :
UMUM
Edisi Falah 41 ini berbentuk lipat tiga dan memiliki postur yang Standar. Divariasi dengan ornamen wayang dan bemotif klasik yang berwarna coklat. Dilengkapi dengan plastik pembungkus.
UKURANLebar 11.5 cm Tinggi 21.5 cm
HARGA Rp. 1.750; / BIJI
Mininal Order300 EKSEMPLAR
BONUSKARTU UCAPAN TERIMA KASIH, PLASTIK PEMBUNGKUS & DESAIN
CARA PESAN DAPAT MENGHUBUNGI KAMI :
Telepon081 335 24 2345 / 085 7468 111 88
SMS081 335 24 2345 / 085 7468 111 88
Pin BB274EA6C0
Emailkangwisnu@yahoo.com
Facebookhttp://id-id.facebook.com/pages/Percetakan-ENHA-grafika/530482996967161

Cetak kartu undangan murah di Karesidenan Kediri sudah banyak yang membukanya namun untuk kualitasnya belum tentu juga, karena untuk cetak undangan  murah dengan kualitas yang bagus sangat sulit didapatkan di kota ini. Karena banyak yang terima cetak undangan pernikahan murah di Kediri namun kualitasnya kurang memuaskan,
Kini ENHA Grafika memberikan solusi untuk membantu mempermudah sepasang kekasih yang ingin menikah untuk menemukan cetak kartu undangan  murah di Karesidenan Kediri (Kediri, Nganjuk, Tulungagung, Blitar, Trenggalek).


Untuk mengetahui ongkos kirim ke rumah Anda silahkan di cek melalui alamat berikut

Ukuran Foto 4R, 3R, 2R, 10R dalam cm, inchi, pixel

0
Ukuran Foto 4R, 3R, 2R, 10R dalam cm, inchi, pixel
Ukuran Foto dalam cm – Bagi anda yang sering mencetak foto tentu anda sudah sangat familier dengan menyebutkan ukuran R untuk melakukan pencetakan foto. Untuks sekedar diketahui bahwa seri R tersebut adalah seri yang telah ditetapkan oleh standar internasional ISO untuk melambangkan ukuran foto atau ukuran yang berhubungan dengan cetak foto. Namun banyak sekali orang yang belum mengetahui ukuran tepatnya untuk jenis ukuran R ini, karena memang jarang sekali digunakan kecuali hanya untuk ukuran kertas foto.


Ukuran Foto 4R, 3R, 2R, 10R dalam cm

Nah untuk komkonversi dari ukuran foto R dalam cm maka menjadi sebagai berikut :
  • 2R –> 6  cm x  9 cm
  • 3R –> 8,9   cm x   12,7 cm
  • 4R –> 10.2   cm x   15.2 cm
  • 5R –> 12.7  cm  x   17.8 cm
  • 6R –> 15.2   cm x   20.3 cm
  • 8R –> 20.3  cm  x   25.4 cm
  • 8R (+) –> 20.3  cm  x    30.5 cm
  • 10R –> 25.4  cm  x   30.5 cm
  • 10R (+) –> 25.4 cm  x   38.1 cm
  • 12R –> 30,48  cm  x   39,37 cm
  • 16R –> 40,64  cm  x   50,8 cm
  • 20R –> 50,8  cm  x   60,96 cm
  • 24R –> 60,96  cm x 80 cm
  • 30R –> 75  cm  x  100 cm
Karena konversi dari ukuran foto dalam inchi menjadi ukuran foto dalam cm tidak bisa sangat mendetail, maka sangat disarankan Anda menggunakan ukuran foto dalam inchi.  Untuk ukuran dalam inchi adalah sebagai berikut:

Ukuran Foto 4R, 3R, 2R, 10R dalam inchi

  • 3R = 3,5 inchi  x  5 inchi
  • 4R =  4 inchi  x  6 inchi
  • 5R = 5 inchi  x  7 inchi
  • 8R =  8 inchi  x  10 inchi
  • 10R = 10 inchi  x  12 inchi
  • 12R = 12 inchi  x  15,5 inchi
  • 16R = 16 inchi  x  20 inchi
  • 20R = 20 inchi  x  24 inchi
  • 24R = 24 inchi  x  31,5 inchi
  • 30R = 30 inchi  x  40 inchi
Karena pembuatan ukuran tersebut untuk dilakukannya pencetakan maka sebaiknya resolusi yang digunakan adalah sesuai dengan standar cetak foto yaitu 300 dpi.   Namun jika kamera yang digunakan menggunakan ukuran yang lebih kecil dari standar cetak foto maka sebaiknya ukuran cetak pun harus disesuaikan agar nantinya bisa menghasilkan cetakan yang maksimal.

UKURAN MAKSIMAL KERTAS FOTO UNTUK KAMERA

  • Kamera 0.1 mega pixel ( 352 × 228 ), maksimal ukuran cetak foto = 2×3 cm
  • Kamera 0.3 mega pixel ( 640 × 480 ),  maksimal ukuran cetak  foto = 4×6 cm
  • Kamera 1.0, 1.2, 1.3 mega pixel, maksimal ukuran cetak foto  = 2R
  • 3R = 1051 pixel × 1500 pixel
  • 4R = 1205 pixel × 1795 pixel
  • 5R = 1500 pixel × 2102 pixel
  • 6R = 1795 pixel × 2551 pixel
  • 8R = 2398 pixel × 3000 pixel
  • 8R Plus = 2398 pixel × 3602 pixel
  • 10R =  3000 pixel × 3602 pixel
  • 10R Plus =  3000 pixel x 4500 pixel

6 Tahap Merencanakan Promosi

0
6 Tahap Merencanakan Promosi
Promosi sangat penting untuk bisnis karena tanpa promosi, penjualan tidak akan menghasilkan secara maksimal. Untuk memaksimalkan strategi promosi setidaknya ada 6 tahap yang bisa dilakukan UKM dalam melakukan promosi, berikut beberapa tahapannya:

1.   
Menentukan Target Market
Tahap pertama ini berkaitan dengan penentuan STP (Segmenting, Targeting dan Positioning). Untuk menghadapi persaingan yang ketat maka kita harus menentukan segmentasi yang lebih personal untuk menghadapi perilaku konsumen yang makin beragam. Dengan begini target market kita jadi lebih jelas dan budget promosi jadi efektif. Penentuan target market ini akan memudahkan
kita untuk menentukan pemilihan media yang sesuai.
 
2.   
Misi Promosi
Menentukan misi dan apa yang ingin dicapai akan membuat promosi menjadi efisien. Beberapa misi promosi seperti meraih awareness, membangun brand, meningkatkan
penjualan serta membangun kesetiaan konsumen. 

3.   
Merencanakan Pesan
Saat ini komunikasi sudah berlangsung secara dua arah sehingga UKM harus bisa meramu pesan yang bisa membangun komunikasi dua arah dengan konsumen. Sebelum membuat message untuk memperkuat promosi, UKM harus memperhatikan siapa targetnya. Gunakan bahasa yang sesuai dengan target market untuk memperkuat pesan promosi. Buatlah pesan yang mempunyai daya tarik emosional, rasional dan moral.
 

4.   
Memilih Media
Pilihlah channel media yang tepat sesuai dengan target konsumen kita. Media digital memang memperkaya channel promosi tapi jangan menggunakan media digital karena ikut-ikutan saja. Fokuslah pada target market yang dituju, pelajari perilaku mereka, lalu pilihlah media yang sesuai. Ada dua pilihan media yang ada yaitu, media offline dan online. Kedua pilihan tersebut berkaitan dengan target pasar dan dana yang disiapkan.


Media promosi offline seperti iklan, sponsorship, salesperson, salespromo, peliputan media cetak, direct selling, direct marketing dan event promo. Media promosi online seperti iklan menggunakan adwords, website, blog, forum atau situs jual beli dan melalui social media.

 

5.   
Menentukan Budget
Untuk menentukan budget jangan
hanya menggunakan persentase dari keuntungan yang dijatah untuk budget promosi. Tentukan dulu objek yang ingin dicapai, dengan cara apa kita menggapainya, barulah budget dianggarkan. Pemilihan media akan berpengaruh besar pada penentuan budget promosi.

6.    Mengukur Efektivitas Promosi
Banyak pelaku UKM yang seringkali tidak melakukan pengukuran terhadap strategi promosi yang telah dijalankan. Padahal hal ini penting untuk mengetahui seberapa efektif strategi promosi yang kita lakukan. Pengukuran efektivitas promosi bisa dilakukan dengan cara mengukur impact terhadap penjualan, melakukan riset sederhana tentang brand awareness, atau melakukan pengukuran di media digital jika menggunakan digital marketing (misal google analytics, social media measurement, dll).
sumber : http://portalpengusaha.com 

Promosi Website & Bisnis secara OFFLINE

0
Promosi Website & Bisnis secara OFFLINE
Setelah mengenal cara mempromosikan website secara online sebelumnya, pada sekarang akan dibahas cara mempromosikan website secara offline. Mempromosikan website secara offline artinya memperkenalkan alamat website kita ke khalayak luas melalui metode non online sehingga orang-orang dapat berkunjung ke website dan menikmati layanan-layanan yang disediakan.


Kita mengerti bahwa mempromosikan website secara online merupakan solusi paling efektif, cepat, dan murah. Namun demikian, para pengusaha yang serius sadar bahwakegiatan promosi tidak ada istilah "cukup". Untuk mencapai sukses besar, setiap bisnisperlu menempuh semua jalur marketing yang memungkinkan.
Mengapa promosi offline penting?
Ada beberapa alasan mengapa promosi offline dipandang penting:
  1. Tidak semua orang memiliki waktu atau kesempatan yang cukup untuk mencari-cari sebuah URL/website.
  2. Banyak di antara klien-klien potensial yang tidak suka mencari-cari.
  3. Tidak semua pengguna Internet faham bagaimana menggunakan search engine atau direktori web online untuk menemukan alamat website kita.
  4. Perebutan posisi website dalam hasil pencarian search engine atau direktori web online semakin ketat sehingga kemungkinan orang-orang menemukan URL kita semakin kecil.
  5. Semakin banyak URL kita diekspos, semakin mudah orang mengingatnya dan semakin tinggi trafik kunjungan ke website kita.
  6. Peluang keberuntungan semakin dekat pada mereka yang berusaha lebih keras.
 Menimbang alasan-alasan inilah, maka jalur promosi offline tidak bisa diabaikan. Dibawah ini adalah beberapa tip atau metode promosi offline yang bisa kita tempuh untukmempopulerkan website kita.
Cantumkan URL (www.websitekita.com) Kita pada Alat-Alat Tulis Kantor (ATK)
Sebagai usaha sederhana, mulailah dengan memasukkan URL di semua ATK kita: pensil, bolpen, penggaris, kartu nama, kop surat, amplop, invoice/nota, kwitansi, brosur,kartu promosi, dan selebaran-selebaran perusahaan lainnya. Saat klien, partner bisnis, pelanggan, atau siapa pun memang salah satu dokumen atau barang-barang ini, mereka dapat melihat dengan jelas alamat website kita dan berfikir bahwa di sana lah informasi lebih banyak akan ditemukan.
Ciptakan Brand Melalui Kendaraan Dinas
Banyak perusahaan megaprofit mengekspos nama atau logo perusahaan mereka pada kendaraan-kendaraan dinas. Mengapa kita tidak mengikuti jejak mereka? Ini adalah upaya letarung-petarung besar menunjukkan brand dan identitas dihadapan masyarakat luas, yang membuat mereka semakin diakui dan disegani.

Oleh karena itu, pastikan tidak ada kendaraan dinas kita yang tidak berlabelkan nama dan logo perusahaan, juga alamat email dan URL website. Paling tidak, sebuah stiker kecil menempel pada kaca belakang mobil.

Aksesoris & Souvenir
Kita juga harus gencar mempromosikan URL website melalui asesoris atau pernik- pernik kecil, seperti kalender, stiker, mouse pad, cangkir kopi, t-shirt, topi, payung, sapu tangan, handuk, dan masih banyak lagi. Untuk tujuan ini, kita bisa bekerjasama dengan pabrik-pabrik yang berhubungan.
  1. Berikan pernik-pernik ini secara cuma-cuma.
  2. Utamakan diberikan kepada member.
  3. Bagikan kepada komunitas yang sekiranya bisa menjadi klien/pelanggan potensial (pelajar/mahasiswa, karyawan kantor, anggota perkumpulan).
  4. Lakukan riset tentang siapa saja kiranya yang dapat menjadi target yang tepat.-    Sekali lagi, jangan merasa sayang. Kesuksesan terkadang harus dibayar dengan sedikit pengorbanan.
Bangun Logo dan Nama Perusahaan di Gerbang Utama Kantor dengan Megah
Membangun tugu logo dan nama perusahaan di sekitar pintu gerbang merupakan simbol kepercayaan diri, memberikan spirit bagi perusahaan dan karyawan, sekaligus mengiklankan diri kepada masyarakat luas, terutama kepada penduduk di sekitar, orang-orang yang lewat, dan tamu-tamu yang berkunjung.
Meskipun belum ada data pasti seberapa besar pengaruh yang bisa dihasilkan, tetapi percayalah bahwa usaha ini tidak akan sia-sia dan bisa memberikan dampak positif terhadap popularitas perusahaan/organisasi kita.
Pasang Papan Iklan atau Reklame di Lokasi-Lokasi Strategis
Ini merupakan senjata utama para salesman dari zaman ke zaman untuk mempromosikan produk-produk mereka, mulai dari mie rebus rasa ayam bawang sampai mie goreng berhadiah miliaran rupiah!. Dapatkah metoda papan reklame dapat mempromosikan situs kita secara efektif? Tidak ada jawaban yang bijaksana sebelum Anda menengok ilustrasi berikut.
Ada beberapa strategi untuk mengiklankan situs atau URL pada papan-papan reklame:
  1. Buatlah iklan-iklan reklame yang berkualitas.
  2. Untuk solusi murah meriah, gunakan spanduk atau baliho dengan beragam ukuran.
  3. Pasang reklame atau spanduk di lokasi-lokasi strategis, seperti pusat perbelanjaan, persimpangan jalan utama, toko buku, internet cafe, di depan kampus ternama, kantin, dll.
Pasang Iklan di Media Konvensional
Jangan pernah mengabaikan media-media konvensional. Surat kabar harian pagi dan majalah rumpi masih merupakan tradisi di banyak rumah. Iklan surat kabar memang mahal, tetapi kita bisa memulai dari yang kecil-kecilan. Beriklan di surat kabar lokal
biasanya lebih murah.
Kita akan segera menyadari bahwa mengiklankan website melalui media-media konvensional dapat memberi pengaruh besar terhadap peningkatan trafik kunjungan.
Pasang Iklan di Media Elektronik
Tentu saja radio dan televisi juga sangat efektif untuk mengiklankan website karena dapat menjangkau pemlirsa yang luas. Hanya dalam beberapa durasi tayang, pesan kita akan tersampaikan ke jutaan orang. Sayangnya, iklan jenis ini dapat menyita anggaran yang sangat besar. Meskipun demikian, jika perusahaan kita masih kecil atau baru berkembang, kita bisa mencoba beriklan di televisi atau radio lokal.
Berpartisipasi dalam Kegiatan Sosial
Ide yang mulia jika perusahaan kita terjun secara aktif dalam kegiatan-kegiatan amal dan sosial. Ada banyak keuntungan yang bisa diraih. Yang jelas, secara alami kita akan dikenal dan mendapat pengakuan yang luas, meskipun tidak memintanya. Jadi, jangan menunda waktu untuk berbuat!
Sebarkan Pamflet dan Brosur
Brosur dan pamflet dapat juga menjadi solusi murah-meriah untuk memperkenalkan URL kita ke banyak orang.
  • Buatlah brosur berisi artikel-artikel "how-to" yang menerangkan cara melakukan sesuatu. Jika kita menjual komputer misalnya, mungkin brosur kita dapat berisi tip dan trik merawat komputer, panduan upgrade dan reparasi, atau info peripheral terbaru.
  • Sebarkan brosur ke masyarakat luas, terutama ke sentra-sentra calon pelanggan potensial.
Plat Nomor Kendaraan
Ini merupakan trik yang banyak dilakukan oleh kaum muda. Kita berusaha mendapatkan lisensi nomor mobil personal yang unik dari aparat setempat, dengan nama situs kita atau nama bisnis kita.
Kartu Nama
Keampuhan kartu nama dalam memperkenalkan alamat website dapat mengimbangi kop-kop surat dan selebaran perusahaan. Jadi, pastikan kartu nama kita mencantumkan alamat e-mail dan URL website. Bawalah selalu 5-10 kartu dalam dompet kita, berikan kepada teman, saudara, tetangga, rekan bisnis, kenalan di jalan, atau siapa saja.
 
Poster
Poster memang benda bisu, tetapi banyak "cerita" yang bisa diungkapkan oleh sebuah poster. Gambar dapat memberikan sejuta makna bagi yang melihatnya. Begitu pula dengan kata-kata yang tertulis di Atasnya.
Ia bisa menyampaikan banyak pesan membuat si pembaca terharu, tersentuh emosinya, atau melakukan sesuatu di luar kesadarannya. Oleh karena itu, gunakanlah peluang ini untuk mendukung bisnis kita.
  1. Buatlah poster-poster yang menampilkan URL situs kita.
  2. Gunakan teknik desain profesional.
  3. Gunakan teknologi cetak terkini
  4. Sampaikan banyak pesan bermanfaat kepada khalayak; pesan kemanusiaan, moral,kesehatan, religi dan sebagainya.
  5. Pasang atau sebarkan poster di pusat-pusat layanan public, seperti rumah sakit, ruang kerja dokter, ruang tunggu tamu, lembaga pendidikan, lembaga sosial, instansi pemerintah, dll.
Kartu Pos
Kebanyakan orang akan senang saat mendapat kiriman kartu pos, terlebih kaum muda. Meskipun sederhana dan murah, tetapi makna di balik itu sangatlah besar. Orang-orang akan merasa diakui sebagai sahabat dekat, klien/partner penting, atau orang spesial bagi si pengirim. Karena dampaknya yang positif, kartu pos dapat menjadi alat yang efektif untuk memperkenalkan alamat website kita ke banyak orang.
Acara Talkshow Radio dan Televisi
Tampil di acara talkshow radio dan televisi merupakan kesempatan langka, namun dampaknya sangat fantastis dalam mempopulerkan nama dan bisnis kita. Tidak semua orang berkesempatan tampil di acara radio dan televisi.Untuk mendapatkannya, biasanya kita harus melakukan sesuatu yang dipandang besar,istimewa, atau luar biasa-meskipun tidak selalu demikian. Acara talkshow seringkali gratis, namun pengaruhnya terhadap popularitas bisamengalahkan iklan-iklan yang berbiaya mahal. Ketika kita diundang oleh stasiun radio
atau televisi untuk tampil, JANGAN BUANG KESEMPATAN INI!
Ada beberapa tip yang dapat membantu meningkatkan kesempatan tampil di acaratalkshow radio dan televisi:
  1. Pastikan bisnis kita membuat gebrakan baru yang membuat orang-orang berdecak.
  2. Mencoba menawarkan diri kepada stasiun radio/televisi untuk tampil di acara talkshow dan usulkan topik apa yang akan diusung.
  3. Untuk memulai, kita bisa mengajukan talkshow ke stasiun-stasiun radio dan televise lokal. Peluang untuk diterima umumnya lebih besar.
  4. Koneksi orang dalam adalah penting. Jadi, usahakan kita mengenal baik salah seorang staf kunci yang bekerja di stasiun radio/televisi setempat.
Menyelenggarakan Event Marketing
Jika bisnis kita besar, jangan ragu untuk menyelenggarakan event-event marketing, baik tunggal maupun gabungan. Event marketing bisa menciptakan antusiasme yang besar atas produk dan jasa kita, termasuk website. Pada event marketing, perwakilan perusahaan memiliki kesempatan untuk berbicara kepada media, mengunjungi para pelanggan, dan menggelar konferensi atau press release. Event marketing yang cukup dikenal adalah pameran. Jadi, pastikan kita menyelenggarakan event ini secara berkala
dan di berbagai kota berbeda.
Tampil di Acara Seminar
Dampak dari menyelenggarakan atau tampil pada acara seminar hampir serupa dengan menyelenggarakan event marketing. Di sini, kita bisa mendapatkan pengakuan dan kepercayaan dari audiens. Terbuka juga kesempatan untuk berbicara kepada media, tanya-jawab langsung dengan klien atau pelanggan, dan menggelar konferensi atau press release.
Public Relation
Website dapat juga dipromosikan melalui acara-acara news release. Biasanya bersamaan dengan peluncuran produk, jasa, keunggulan baru, atau mengumumkan infomzasi penting dan formal kepada masyarakat melalui media lokal atau nasional. Ketika news release ini muncul di media, ia bukan hanya menjadi promosi bisnis tetapijuga berita aktual.
Menggandeng Partner Besar
Berpromosi dengan menggandeng partner besar dapat disamakan dengan simbiosis mutualisme. Artinya, kedua belah pihak bisa mendapatkan keuntungan.
Website yang bekerjasama dengan perusahaan yang telah mapan, atau memiliki brandname, diakui dapat ikut terangkat dan lebih cepat populer dibandingkan website-website yang berdiri sendiri. Sebagai contoh, website e-commerce dapat menjalin kerjasama dengan majalah bisnis atau perusahaan media yang telah terkenal. Dengan demikian, website ecommerce akan mudah mendapatkan peluang diekspos dan promosi di media "inang" bersangkutan.
Informasi Mulut ke Mulut
Kabar dari mulut ke mulut memiliki daya tarik yang menakjubkan. Sesuatu yang masuk akal, tetapi banyak orang yang melewatkannya. Berpromosi mulut ke mulut dikenal juga sebagai word-of-mouth marketing. Ini adalah metoda tradisional, tetapi merupakan taktik terbaik untuk meraih trafik jangka panjang.
Kekuatan dari promosi mulut ke mulut sangat ditentukan oleh pendekatan kita. Memiliki banyak teman dan relasi adalah awal yang berharga, terlebih jika secara khusus kita memilih beberapa teman terpercaya yang mampu menyampaikan berita ke kawan-kawan lain. Ini adalah aset yang besar!
 
Target promosi website mulut ke mulut biasanya para remaja, anak-anak sekolah, mahasiswa kampus, dan terkadang juga asosiasi ibu-ibu rumah tangga. Menyebarkan berita di kelas atau kampus dapat dengan cepat menarik ribuan hit per hari.
Kita mungkin telah mengenal situs-situs populer seperti multiply.com, blogspot.com,flickr.com, atau youtube.com. Boleh ditebak bahwa sebagian besar pembaca mengenal situs-situs ini dari kabar orang lain! Betul begitu, bukan...?
Beberapa faktor kunci yang mendukung suksesnya promosi website mulut ke mulut
adalah:
  1. Menjaga komunikasi dan selalu menghormati pengunjung.
  2. Membangun layanan yang unik dan spesial bagi pengunjung.
  3. Meng-update website secara berkala.
SMS UCAPAN SELAMAT : TAHUN BARU, HARI RAYA, ULANG TAHUN, DLL
Dengan mengirimkan SMS ucapan secara personal kepada existing client maupun sahabat dan rekan bisnis (jangan lupa menuliskan nama lengkap dan url bisnis) sehingga penerima SMS akan ingat dengan kita dan otomatis dengan bisnis kita.Jika kita rajin mengirimkan setiap tahun, garansi selama itu pula persahabatan dan komunikasi akan terus terjaga.
sumber : http://www.baliwebs.com

10 TIPS TOP CARA KREATIF DALAM MENCETAK MEMBUAT BROSUR BISNIS

0
Kami sudah memberikan pilihan yg besar brosur template untuk desainer untuk menciptakan solid portofolio desain , tapi ini tidak cukup profesional untuk sebagian besar kasus - dan tentu saja untuk pekerjaan klien. Jadi, Loe telah belajar cukup tentang desain brosur yg dapat Loe merancang brosur dari awal - bagaimana Loe membuatnya benar-benar menonjol? Perbedaan antara brosur yg baik dan brosur besar yg dirumuskan dalam tips desain di bawah ini.
Sebelumnya anda juga bisa membuat brosur dengan photoshop dan coreldraw x4 x5 x6 dan yang terbaru sekarang ne x7 seperti yang akan di jelaskan dibawah ini :

01. loe harus tau sebelum loe membuat nya

 

Ketika Loe berpikir tentang bagaimana merancang brosur, mulai dengan bertanya klien mengapa mereka berpikir bahwa mereka perlu brosur. Kemudian, mereka perlu menjelaskan maksud mereka. terkadang mereka hanya ingin satu karena brosur terakhir mereka tidak ingin membuatnya lagi. Jika mereka telah datang hadapi dengan baik ramah dan sopan untuk menarik pelanggan, ini juga bisa lo terapkan dalam beberapa contoh brosur makanan mengambil langkah mundur dari itu dan melihat apa yg mereka sedang mencoba untuk mencapai.

02. Batasi font tulisan loe

Loe tidak perlu banyak font ketika Loe berpikir tentang bagaimana merancang sebuah brosur - hanya judul, subpos dan body copy font. Tapi kami melihatnya sepanjang waktu di portofolio siswa - orang berpikir bahwa mereka perlu mencari font judul tak seorang pun pernah digunakan sebelumnya. Klien biasanya akan memimpin pada font karena mereka sering akan memiliki identitas perusahaan di tempat.

03. Ambil stok kertas dari Modal  Loe

Bicara tentang saham (Modal) kertas sebelum Loe meletakkan pena untuk notepad, apalagi pergi sejauh beralih pada komputer Loe . Jika Loe bekerja untuk klien, tanyakan apakah itu harus A4 stloe r. Cari tahu apakah mereka telah dianggap menggunakan kertas tidak dilapisi, misalnya. ada pos besar di sini untuk membuat pilihan kertas.

04. Dapatkan hak cipta dari Loe

Dapatkan hak cipta Loe, Loe mungkin tidak ingin mendengarnya, tapi mengcopy  sangat penting untuk desain brosur  yg jumlah besar. Baca juga Hak cipta Blog ini ialah LAMNO JAYA
Besar copy sering elemen yg paling undervalued dalam desain brosur. Banyak orang tidak mengerti copy yg perlu dipertimbangkan sebagai bagian dari konsep desain keseluruhan.
Pada tahap awal dari setiap proyek desain brosur, eksperimen dengan tembusan untuk melihat apakah perlu pengerjaan ulang dalam desain brosur tersebut. Headline bukan sesuatu yg hanya mampir nanti. Berikut adalah besar panduan menulis salinan. 

05. Pembaca  Pertama

Ketika berpikir tentang bagaimana merancang brosur, menjaga tujuan akhir dalam pikiran. Ini brosur yg akan diposting dalam menanggapi permintaan yg dibuat pada sebuah situs web? Apakah giveaway di sebuah pameran, atau brosur cuti-balik? Ketika seseorang membuka itu, apa yg akan dikatakan kepada mereka? Desain untuk orang tersebut, bukan untuk diri sendiri.

06. Pikirkan pernyataan sederhana

Pernyataan sederhana Jauhkan konsep desain brosur yg jelas dan sederhana
Loe ingin tahu bagaimana membuat brosur yg menonjol, kan? Kadang-kadang ide-ide sederhana adalah yg terbaik dalam contoh iklan di dalam brosur. Jika klien telah memutuskan mereka ingin banyak gambar klise untuk mendapatkan titik tertentu di, itu mungkin lebih baik untuk memo mereka. Solusinya mungkin untuk menggunakan penutup tipografi sebaliknya, dan membuat pernyataan yg sangat literal tentang apa yg ingin mereka katakan.

07 Set pena di atas kertas yang Bagus

Keluar tata letak bantalan dan mencoba menggambar dan membuat sketsa ide-ide untuk memulai dengan. Kami melakukan brainstorming segala sesuatu di antara orang - proyek Toast mulai kehidupan di tata letak bantalan dengan pensil dan pena. Apa yg tidak kita lakukan adalah mengambil singkat, pergi selama dua minggu dan kemudian hadir tiga konsep untuk melihat mana yg klien membenci sedikit.

08. Terus apa yg berhasil dari brosur  ?

Jangan mencoba untuk menjadi aneh atau berbeda hanya untuk kepentingan itu ketika Loe berpikir tentang bagaimana merancang sebuah brosur yg akan melihat. Sebagai contoh, kebanyakan desainer menggunakan sama 10 sampai 20 font menemukan banyak proyek yg mereka kerjakan. Ada alasan mengapa desain suara Helvetica banyak digunakan, dan mengapa Rockwell adalah font judul yg baik.

09. Membuat kesan pertama yg baik


Membuat kesan Loe harus menyampaikan kesan yg baik dengan desain brosur Loe
Desain brosur harus sesuai dengan apa yg klien tidak sebagai sebuah bisnis. Amal tidak ingin brosur mewah yg akan membuat orang berpikir bahwa mereka telah menghabiskan banyak uang pada mereka, sedangkan produk baru mungkin perlu brosur yg tampak luar biasa pada pameran berdiri di sampingnya.

10 Tembak tajam Tinta dalam Desain Loe

Untuk membuat brosur produk menyenangkan untuk membolak-balik, Loe perlu foto yg baik. Jika Loe menggunakan citra saham - anggaran tidak selalu meregang untuk pemotretan - mencoba untuk menemukan gambar yg tidak terlihat seperti mereka gambar saham. Jangan pernah memotong sudut dengan gambar.
Fitur ini awalnya diterbitkan dalam Seni Komputer majalah. Punya alur kerja untuk desain brosur yg bekerja untuk Loe ? Membuka rahasia di komentar di bawah dan menunjukkan rekan-rekan desainer Loe bagaimana membuat brosur yg menonjol.
Sumber : http://cara-membuat-baru.blogspot.com

Cetak Buku Yasin Murah

0
Kami melayani pembuatan Buku Yasin untuk acara 40, 100 atau 1000 harian yang dikhususkan untuk mengenang anggota keluarga kita yang telah meninggal.
Adapun spesifikasi buku yasin yang kami cetak sbb :
– Cover cetak satu warna
– Kertas cover mengkilat warna putih dengan tulisan satu warna
– Kertas isi 128 halaman kertas HVS
– Foto Almarhum/ almarhumah di bagian dalam
– Lembar ucapan / kata sambutan keluarga
– Lembar khusus nama – nama keluarga yang ditinggalkan
Buku yasin ini kami jual dengan harga cuma : Rp. 8.000,- untuk pemesanan 100 buah. (harga terbaru mulai Februari 2015)


CARA PESAN DAPAT MENGHUBUNGI KAMI :
Telepon081 335 24 2345 / 085 7468 111 88
SMS081 335 24 2345 / 085 7468 111 88
Pin BB274EA6C0
Emailkangwisnu@yahoo.com
Facebookhttp://id-id.facebook.com/pages/Percetakan-ENHA-grafika/530482996967161

Enha Grafika yang beralamatkan Di Jln. Wilis No. 30 Ngaglik - Cerme - Pace - Nganjuk Bergerak dibidang Percetakan dan Komputer yang telah bekerja sama dengan berbagai pihak baik individu atau perusahaan juga instansi pemerintahan. Kami siap melayani aneka kebutuhan percetakan untuk keperluan promosi dan administrasi perkantoran serta bisnis anda

Enha Grafika melayani kebutuhan Percetakan dan Komputer yang beralamatkan Di Jln. Wilis No. 30 Ngaglik - Cerme - Pace - Nganjuk. Produk percetakan yang kami layani bermacam-macam. Cetak outdoor yaitu banner, spanduk, backlite neonbox, baliho, reklame, poster, x-banner dan lain-lain. Sedangkan cetak indoor yaitu brosur, kalender 2016, kartu nama, undangan pernikahan,  sticker, ID Card, cetak foto berbagai ukuran, nota, print warna, foto copy dan sejenisnya. kartunama, kop surat, amplop, nota, brosur, flyer, kalender, sablon plastik, sticker, id card, paper bag, bloknote, poster dan cetak buku. Kami Juga melayani Jual Beli Laptop serta servis Komputer dan Printer Di Wilayah Kabupaten Nganjuk dan Kediri. adapun luar kota tetap kita layani sesuai Perjanjian.
ENHA Grafika memberikan solusi untuk membantu mempermudah sepasang kekasih yang ingin menikah untuk menemukan cetak undangan  murah di Karesidenan Kediri (Kediri, Nganjuk, Tulungagung, Blitar, Trenggalek).

Ini dia alasan suami mengizinkan istri bekerja di luar rumah

0
 suami mengizinkan istri bekerja di luar rumah
Banyaknya argumen dan persepsi negatif terhadap ibu bekerja di luar rumah, terkadang menjadi tekanan tersendiri bagi mereka yang memilih bekerja. Tentu saja hal ini dikarenakan penilaian-penilaian miring yang menyatakan, bahwa ibu bekerja lebih mengutamakan pekerjaan di kantor daripada menghabiskan waktu di rumah untuk melihat perkembangan anak.
Inilah yang terkadang menjadi hal yang selalu diributkan. Padahal keputusan para wanita bekerja di luar rumah, tentu saja atas persetujuan dari suami dan anak mereka. Lantas apa saja alasan para suami mengizinkan istrinya bekerja?
"Bagi saya tidak ada larangan untuk istri, untuk bekerja di luar atau di dalam rumah. Yang terpenting bagi saya, seorang suami atau laki-laki dewasa wajib dan harus untuk mencukupi kebutuhan dalam rumah tangganya, baik itu sandang, pangan, papan dan kebutuhan lainnya" (Tommy)
Berbeda dengan Alfan, yang memilih berwiraswasta di rumah. Membuka rumah makan kecil-kecilan. Ia pun mengizinkan istrinya bekera, karena pekerjaan yang dilakukan adalah bersama-sama mengurus usaha mereka. Alfan bagian masak, dan istrinya bagian kasir.
Lain halnya dengan Arif, yang memiliki istri seorang dokter. Tidak ada larangan baginya untuk mengizinkan istri tidak bekerja. Meski harus mengorbankan waktu, tenaga, dan pengorbanan lainnya. Baginya itu adalah impian istrinya, dan ia sangat mendukung apapun yang menjadi cita-cita istrinya.
Sependapat dengan Arif, Mahadir yang baru saja menikah juga mempunya alasan tersendiri kenapa mengizinkan istrinya tetap bekerja. Menurutnya "Zaman sekarang, semuanya sekolah tinggi, yang menyekolahkan orangtua. Semua punya cita-cita, jadi jangan sampai hanya karena menikah, itu menjadi penghalang untuk meraih mimpi. Yang penting tetap sinergi, bagi tugas, kerja sama dan selalu sharing dengan suami. Bekerja bukan hanya sekedar tentang uang, melainkan untuk pencapaian hidup sebagai manusia seutuhnya.
Hal ini juga diamini oleh Faradays, yang berpendapat bahwa "Untuk profesi tertentu, seperti dokter, perawat, guru, dan profesi lainnya yang sekiranya memang pas dilakukan seorang perempuan maka seorang perempuan atau ibu bekerja tidak menjadi masalah. Karena hal ini juga akan membuat kita merasa nyaman, jika istri dan anak kita dirawat dengan sesama jenis."
Jadi, masih memandang sebelah mata para ibu bekerja? Jika para suami saja sudah memberikan alasan, kenapa mereka mengizinkan istrinya bekerja. Yah, itu karena mereka ingin istrinya juga bermanfaat buat orang lain.
Buat kita para istri, yuk mari jaga amanah dan kepercayaan dari suami kita. Agar kita terhindar dari fitnah selama berada di tempat kerja.


sumber http://keluarga.com

14 Sifat yang Menyebabkan Cinta Pasangan Memudar

0
14 Sifat yang Menyebabkan Cinta Pasangan Memudar
Mempertahankan rasa cinta yang sudah ada tidaklah semudah ketika pertama kali mengucapkannya, itu mengapa banyak pasangan yang telah menjalin cinta setelah sekian lama, tiba-tiba memutuskan untuk berpisah di tengah jalan.
Banyak pujangga cinta mengambarkan cinta sebagai sesuatu yang abstrak, sesuatu yang tak nampak tetapi dapat dirasakan, sesuatu yang dapat menyembuhkan tetapi sekaligus dapat melukai.
Kehidupan percintaan seseorang layaknya sebuah roda yang sedang berputar, kadang berada di atas namun suatu saat bisa berada di bawah. Kini, bagi Anda yang sedang dibuai oleh gairah cinta kepada pasangan Anda, mari bersama-sama mengenali beberapa penyebab mengapa gairah cinta seseorang bisa memudar, supaya Anda bersama pasangan bisa menghindarinya, sehingga cinta Anda terhadap pasangan bisa selalu terjaga sampai kapan pun.

Hindarilah memiliki sifat-sifat berikut ini

1. Angkuh

Angkuh = selalu memandang rendah orang lain. Ketahuilah bahwa sikap demikian sangat melukai perasaan pasangan Anda. Sikap angkuh yang tetap dipelihara lama kelamaan akan membuat pasangan Anda tidak menghargai Anda lagi, dan bila pasangan sudah tidak menghargai Anda, itu tandanya dia mulai kehilangan rasa cintanya kepada Anda.

2. Arogan

Arogan = Merasa diri sendiri paling benar, paling hebat, atau paling berkuasa. Ketahuilah bahwa pasangan Anda mengharapkan rekan yang dapat diajak untuk bekerja sama. Oleh karena itu, bila saat ini Anda masih mengharapkan kehadiran rekan Anda selalu ada di sisi Anda, buang jauh-jauh sikap seperti ini.

3. Otoriter

Otoriter = Sewenang-wenang. Tidak hanya pasangan, tapi semua orang tanpa kecuali, sangat membenci orang yang memiliki sikap demikian. Sikap otoriter akan membuat orang lain merasa tertindas, sehingga sikap demikian tidak akan pernah membuat hubungan berjalan mulus dan harmonis.

4. Ringan tangan

Ringan tangan = yang dimaksudkan di sini bukan suka menolong, melainkan suka memukul. Pasangan yang ringan tangan sangat berbahaya, telah banyak pasangan menderita secara fisik karena rekannya memiliki sikap seperti ini. Setiap orang mengharapkan diperlakukan secara lembut oleh pasangannya, namun bila ada di antara Anda yang tidak bisa menghentikan kebiasaan ini, maka bersiap-siaplah untuk ditinggalkan oleh pasangan Anda.

5. Pemalas

Sebagai satu tim, ibarat dua ekor lembu penarik pedati, bila salah satunya malas, maka hal tersebut akan sangat membebani rekannya. Oleh karena itu, hindarilah sikap pemalas, selalulah bersemangat dalam menjalani setiap aktivitas dalam kehidupan sehari-hari Anda, sehingga pasangan Anda bisa merasakan kekaguman terhadap kerja keras serta pengorbanan Anda.

6. Jorok

Pastinya akan sangat menyiksa sekali bila memiliki pasangan yang jorok. Hargailah diri Anda dan pasangan dengan selalu menjaga kebersihan, terutama tubuh Anda. Orang lain, terutama pasangan Anda, akan menilai, bila seseorang bisa menghargai dirinya sendiri, maka dia pasti juga dapat menghargai orang lain.

7. Tidak setia

Dalam sebuah hubungan kesetiaan adalah harga mati, karena tidak ada seorang pun yang waras bersedia dengan senang hati dikhianati oleh pasangannya. Oleh karena itu, selalulah bersikap setia terhadap pasangan Anda, dan tunjukkan ketulusan Anda, karena itu yang akan mengikat cinta Anda berdua.

8. Posesif

Sikap posesif sering kali ditunjukkan dengan cara membatasi ruang gerak pasangan, mencintai pasangan terlalu berlebihan - sehingga memiliki perasaan takut kehilangan, mudah cemburu, selalu berpikir negatif bila pasangan dekat dengan lawan jenisnya, dan selalu ingin tahu setiap saat kegiatan pasangan. Oleh karena itu, supaya pasangan Anda tidak merasa terkekang, sedapat mungkin hindari sikap demikian.

9. Tidak bertanggung jawab

Karena Anda bukan anak kecil lagi, maka sebagai orang dewasa memiliki rasa tanggung jawab adalah wajib hukumnya, dan tanggung jawab Anda adalah bukti nyata keseriusan Anda terhadap pasangan.

10. Egois

Setiap orang sangat membenci mereka yang egois, karena sikap egois cenderung mementingkan dirinya sendiri dan tidak memiliki keinginan untuk bekerja sama dengan orang lain. Oleh karena itu, sikap demikian hendaknya bisa dikalahkan dengan semakin bertambah dewasanya seseorang dalam hal berpikir serta bertindak.

11. Tidak konsisten

Sangat mengesalkan sekali bila memiliki seorang sahabat atau bahkan pasangan yang tidak memiliki pendirian, cenderung plin-plan serta tidak konsisten. Oleh karena itu, berusahalah dengan sebaik mungkin untuk selalu konsisten dalam setiap hal.

12. Tidak tegas

Sebagai seorang pria memiliki ketegasan adalah kewajiban, karena umumnya wanita sangat mendambakan pasangannya memiliki rasa percaya diri yang baik dalam mengambil sebuah keputusan. Oleh karena itu, ketidaktegasan pria dapat membuat hati seorang wanita menjadi ragu, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi rasa cintanya kepada pasangan.

13. Kaku

Kecenderungan sikap kaku sering ditunjukkan melalui beberapa hal seperti: tidak bisa bergaul dengan orang lain, tidak bisa bercanda, terlalu serius, kikuk, mudah tersinggung, dan sebagainya. Oleh karena itu, jadilah pribadi yang luwes dan bersahabat, sehingga orang lain, termasuk pasangan Anda, bisa selalu merasa nyaman ketika berada di dekat Anda.

14. Emosional

Seseorang yang temperamen dan mudah emosi itu sangat mengerikan, kebanyakan pasangan akan segera menjauh dan hilang simpatinya, bila mendapati pasangannya memiliki sikap atau karakter demikian.
Setiap orang pasti memiliki salah satu dan bahkan mungkin sifat-sifat lain yang belum sempat disebutkan di atas. Namun, bila setiap orang betul-betul mencintai pasangannya dengan tulus, maka tidak ada kata mustahil untuk bisa mengubah sifat-sifat tersebut.

sumber :http://keluarga.com

MENELUSUR MISTERI MEDANG - KAHURIPAN.

0
Prasasti Anjuk Ladang
Oleh : Drs. Harmadi

Pengantar
Meskipun masyarakat Nganjuk dan sekitarnya yakin benar bahwa Sejarah berdirinya Kerajaan-kerajaan besar di Jawa Timur tidak dapat dilepaskan dari awal kemenangan Mpu Sindok melawan bala tentara Melayu (Sriwijaya) di wilayah Nganjuk sekarang pada awal abad ke X, namun nama Kerajaan yang dirintis oleh pendiri dinasti Isana itu sendiri masih terdapat kesimpang siuran penyebutan, ada sementara yang mengatakan Medang, ada sebagian yang mengatakan Medang ? Kamolan, ada yang Medang ? Kehuripan, dan bahkan ada yang hanya menyebut Kehuripan saja.
Terlebih lagi dengan sangat minimnya bekas peninggalan dan tidak konsistennya pernyataan yang termuat dalam tiap prasasti peninggalan, lebih menyulitkan bagi peneliti sejarah untuk mengadakan kajian mendalam tentang situs yang diasumsikan sebagai lokasi yang bisa diyakini sebagai ibukota atau pusat pemerintahan kala itu.
Tulisan ini hanya sebagai sumbangsih penulis melengkapi tulisan-tulisan terdahulu, sebagai warga Nganjuk yang merasa ikut peduli terhadap sejarah tanah kelahiran.
Wassalam.

I.MASA MPU SINDOK
A.BABAT ANJUK LADANG
Sebagaimana telah saya tulis pada edisi-edisi terdahulu, bahwa romantika sejarah perjuangan mPu Sindok dalam mempertahankan pemerintahan dan kedaulatan Mataran Hindu di Jawa Timur dari rongrongan Sriwijaya, menguras banyak tenaga dan pikiran serta waktu yang cukup lama. Strategi demi strategi, kekuatan demi kekuatan telah dikerahkan semaksimal mungkin, namun kekalahan masih selalu berada dipihaknya, dan tentara Sriwijaya masih selalu diatas angin
Hal demikian jelas membuat kecil hati dan paniknya mPu Sindok menghadapi lawan yang memang tangguh dalam segala hal, yang memang jauh lebih unggul dalam mengatur strategi, persenjataan, pengalaman perang, maupun kuatnya dukungan logistik yang sangat memadai dan dipersiapkan untuk sebuah perang besar yang berkepanjangan (perang gejag).
Dalam situasi terdesak dan terjepit seperti itu, telah menimbulkan pemikiran untuk mobilisasi umum, yaitu mengerahkan penduduk setempat, untuk bersama-sama berjuang melawan musuh kerajaan Mataram yang juga musuh para kawulo bersama. Pemberian motivasi bahwa kalau kerajaan sampai terjajah musuh, maka nasib para kawulo juga akan menderita diperbudak oleh penjajah, rupanya sangat mengena dihati rakyat.
Dengan motivasi seperti itu, timbul kesadaran masyarakat setempat untuk mau berjuang bahu membahu bersama prajurit mPu Sindok melawan musuh bersama, walaupun mereka tidak pernah mengenal ilmu perang dan pengalaman berperang, dengan hanya bermodal persenjataan apa adanya, semuanya cancut tali wondo, holopis kontul baris, saiyek saeko proyo, dengan modal nekat, semuanya maju bersama melawan mush, menumpas habis bala tentara Sriwijaya di ladang pembantaian (killing field) di kalangan peperangan.
Perjuangan besar itu membuahkan hasil gemilang, yaitu kemenangan gilang gemilang. Kemenangan yang diperoleh berkat sebuah strategi mobilisasi umum, telah mengangkat mPu Sindok naik ke derajat yang lebih tinggi dari kedudukan semula Rakai Hino, menjadi pemegang Singgasana Kerajaan baru yaitu Medang pada tahun 929 Masehi, mengakhiri dominasi wangsa Sanjaya Kerajaan Mataram Hindu yang berpusat di Jawa Tengah, dan mendirikan dinasti baru Isana dengan pusat pemerintahan di Jawa Timur, dengan abiseka nama (gelar kemaharajaan) Sri Isanawikramadharmatunggadewa.
Sebagai wujud ucapan terima kasih atas bantuan penduduk memenangkan peperangan melawan tentara Melayu, dilokasi peperangan itu pada tahun 937 Masehi, didirikan sebuah tugu peringatan (prasasti) Jaya Stamba, dimaksudkan sebagai catatan yang tak akan terlupakan sepanjang sejarah, bahwa karena bantuan penduduk setempat, maka kedaulatan Mataram Hindu tetap jaya, tidak jadi terlepas ketangan musuh, dan karena kemenangan itu pula telah mengantarkan mPu Sindok menjadi seorang Maharaja di Medang.
Bersamaan dengan peresmian Jaya Stamba, dilokasi yang sama dilakukan juga peresmian Jaya Mrta dengan ujud sebuah Candi dari bahan batu bata merah, yang kemudian oleh masyarakat dinamakan dengan Candi Lor sampai sekarang.
Barangkali didirikan dan diresmikannya Candi Jaya Mrta, dimaksudkan bahwa kekuasaan telah hidup kembali, terlepas dari ancaman yang nyaris menamatkan riwayat, dan diharapkan ditempat yang baru, Kerajaan Medang akan hidup abadi, bahkan akan berkembang mencapai puncak kejayaannya (air amrta adalah air yang dapat mengekalkan kehidupan dalam kisan Samudramanthana).
Rangkaian kisah heroik yang diawali dari perlawanan terhadap kedatangan bala tentara Sriwijaya devisi Jambi di Pelabuhan Bandar Alim Tanjunganom, kemudian jebolnya pertahanan Marganung dan terjebaknya tentara Melayu oleh kepiawaian olah strategi yang dimainkan oleh mPu Sindok di ladang pembantaian, serta ide persatuan Nusantara yang tercetus di Bumi Anjuk Ladang, kiranya dapat dianggap bahwa babad Anjuk Ladang, merupakan awal dari berdirinya kerajaan-kerajaan besar yang berpusat di Jawa Timur seperti Kerajaan Medang sendiri, Kerajaan Kediri, Singosari maupun Mojopahit.

B.UPACARA PENETAPAN SIMA
Selain peresmian Jaya stamba dan Jaya Mrta, juga ditetapkan Anjuk Ladang sebagai Sima Swatantra.
Arti harafiah ?Sima? menurut Supratikno Raharjo (2002) adalah ?batas?, yaitu tiang batu yang dipasang sebagai tanda batas suatu daerah yang memiliki status ?istimewa? yang diberikan oleh penguasa kepada wateg (desa) tertentu, dalam hal ini adalah pemberian status istimewa dari Maharaja mPu Sindok kepada Desa Anjuk Ladang berupa status Sima Swatantra.
Sebelum dilakukan upacara penetapan Sima, selalu didahului dengan pembukaan lahan sawah baru, dari yang semula lahan tegal, pekarangan maupun hutan.
Adapun upacara pemberian status istimewa ini didahului dengan suatu rangkaian susunan acara yang menurut Haryono (1980) adalah sebagai berikut :
1.Pemberian pasek-pasek atau hadiah kepada para pejabat.
2.Meletakkan saji-sajian untuk upacara
3.Makan dan minum bersama
4.Melakukan aktifitas ritual yang disebut makawitha dan makamwang
5.Duduk bersama di witana (bangsal yang dibangun khusus untuk keperluan itu), mengelilingi watu sima dan watu kelumpang, dengan posisi sebagai berikut :
-Sebelah Utara : Para pejabat wakil pemerintah pusat
-Sebelah Timur : Para ibu, sangsang, dan wakil dari tetangga sekitar
-Sebelah Selatan : Sang watuha patih (barangkali pejabat setingkat Camat sekarang) dan para kepala desa tetangga
-Sebelah Barat : Sang Makudur (pemimpin upacara) dan para pejabat keagamaan desa
-Posisi Tengah : Tempat watu kelumpang/watu Sima (batu pusaka)
6.Memotong leher ayam dengan landasan Watu Kelumpang dan membanting telor serta menaburkan abu yang dilakukan oleh Sang Makudur didampingi Pamget Wadihati.
7.Membakar dupa sambil mengucapkan kutukan terhadap yang melanggar ketentuan Sima dikemudian hari.
8.Menyembah kepada Sang Hyang Sima Watu Ketumpang
9.Membungkus sisa makanan dengan daun untuk dibawa pulang (dibrekat Jw)
10.Pertunjukan kesenian.
Bunyi kutukan adalah sebagai berikut : ?Jika pergi ke hutan akan dimakan ular berbisa, jika pergi ke ladang akan disambar petir meskipun pada musim kemarau, jika pergi ke bendungan akan tenggelam disambar buaya?.
Sedangkan arti simbolis dari urutan acara ke 6, diharapkan bahwa si pelanggar akan menemui petaka seperti ayam yang telah dipisahkan antara badan dan kepalanya, akan hancur lebur seperti telor yang telah dipecahkan, dan seperti nasib kayu yang menjadi abu karena terbakar, atau bahkan si pelanggar akan mendapatkan lima kemalangan besar (pancamaha pataka) selama jangka waktu yang tidak terbatas (Haryono, 1980).
Kepala Sima sebagai wakil resmi Raja di Sima Swatantra Anjuk Ladang, mempunyai wewenang dan kewajiban sebagai berikut :
1.Mengatur jalannya pemerintahan di wilayah Sima Anjuk Ladang, terutama yang berkaitan dengan masalah pajak.
2.Kepala Sima bertanggung jawab atas keberhasilan penarikan segala macam jenis pajak, yaitu pajak bumi, perdagangan dan jenis-jenis usaha diwilayahnya, serta membagikan kepada pihak-pihak yang berhak menerima, seperti untuk bangunan-bangunan suci yang ada diwilayahnya.
3.Memelihara, menjaga kebersihan dan kesucian bangunan suci, serta mengadakan perbaikan dimana perlu.
4.Menyelenggarakan upacara ritual, pemujaan dan persembahan kepada bathara, sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan.
5.Menetapkan besar kecilnya denda apabila terjadi pelanggaran diwilayahnya (sukhadhuka dan kalahayu).
6.Menjaga keamanan dan ketertiban didaerahnya.
7.Berhak untuk mengerahkan dan mengatur tenaga kerja bhakti untuk perbaikan saranan dan prasaranan umum.

C.SISTEM PEMERINTAHAN
Selain sebagai seorang panglima perang yang ahli dalam mengatur siasat perang, mPu Sindok juga menunjukkan bakatnya sebagai negarawan handal yang kreatif dan banyak akal, dan senantiasa berfikir demi kesempurnaan sistim Pemerintahan Kerajaan Medang yang dipimpinnya.
Meskipun dia sendiri bukan putra mahkota atau bahkan bukan keturunan Raja, namun pengalaman selama pengabdiannya di Kerajaan Mataram (Hindu), merupakan pengalaman berharga untuk melakukan pembenahan-pembenahan.
Dalam sebuah prasasti yang diketemukan didaerah Tengaran (Jombang), disebutkan bahwa mPu Sindok memerintah bersama istrinya, Rakryan Sri Parameswari Sri Wardhani Pu Kbi (Drs.Santoso, 1971), dan dalam prasasti Bakalan (934 M) menyebutkan berisi perintah Rakryan Mangibil (isteri mPu Sindok lainnya) untuk membangun 3 buah Dawuhan di Kalihunan, Wwatan Wulus dan Wwatan Tamya.
Sedangkan dalam prasasti lainnya yang ditulis pada jaman yang sama, tanpa menyebut nama istri atau isteri-isterinya. Dengan demikian kiranya dapat diasumsikan bahwa :
1.mPu Sindok memerintah Medang bersama-sama/didampingi oleh isteri/isteri-isterinya
2.Isteri/isteri-isterinya adalah keturunan Raja, sehingga sebetulnya berhak menjadi Raja, namun karena anggapan bahwa derajad laki-laki lebih tinggi daripada perempuan, kedudukan Raja diberikan kepada suami
3.Isterinya menduduki jabatan tertentu di pemeirntahan seperti Raja daerah, yang diberi kewenangan untuk mengeluarkan prasasti sendiri dengan sepengetahuan Raja.
Penyempurnaan struktur tata pemerintahan dari model Jawa Tengah ke Jawa Timur, sebagaimana dapat diamati dari beberapa prasasti berangka tahun yang dikeluarkannya, seperti :
1.Prasasti Turyyan (929 M) yang menurut penelitian de Cas paris, 1988 menyebutkan tentang pengelompokan para pejabat berdasarkan strata tingkatan jabatan dan kepangkatan, serta siapa-siapa yang disebut Rakai, Rakryan, Samget, mPu, Sang, Dyah, Si dan lain-lain.
Menurut de Casparis, bahwa jabatan Wakai Kanuruhan menduduki jabatan paling penting sesudah mahamantri (mahamantri Rakai Wka)
Para Rakai mempunyai pegawai sendiri-sendiri yang disebut parujar-ujar. Begitu pula Rakryan dan Samget juga mempunya parujar-ujar sendiri.
2.Mulai dikenal sebutan rakryan mapinghe kalih atau mahapatih yang 2 (dua) orang yaitu Rakai 1 Hino dan Rakai Wka. Barangkali dengan pembagian tugas yang kemudian dikenal dengan sebutan patih njero dan patih njobo.
3.Mulai ada jabatan kepala Protokol Kerajaan, yaitu Rakai Kanuruhan dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang lebih luas baik didalam karaton maupun di luar, seperti kewenangan menetapkan dan memungut pajak pada para pedagang asing (po hawang /nahkoda kapal asing)
4.Ada kelompok jabatan tanda rakryan ring pakira-kiran, yaitu kelompok jabatan khusus yang menerima langsung pemerintah Raja tanpa melalui perantara, kurang lebih semacam Aspri sekarang.

D.AGAMA, SASTRA DAN ILMU PENGETAHUAN
Sri Isanawikramadharmattunggadewa (mPu Sindok) pada saat memerintah Kerajaan Medang, sangat memperhatikan perkembangan agama, Ilmu Pengetahuan dan Sastra Jawa. Oleh sebab itu tidak mengherankan kalau ketiganya mengalami perkembangan yang signifikan.
Ketiga ilmu tersebut saling kait-mengkait dan berhubungan satu sama lain. Beberapa padepokan dan mandala-mandala didirikan untuk mendidik para cantrik dan sisya (siswa) untuk memperdalam berbagai ilmu. Beberapa siswa dikirim ke Nelanda (India Utara) menyerap ilmu bagi kepentingan Medang. Karya sastra yang diterbitkan dan cukup populer sampai saat ini adalah :
1.Kitab Sang Hyang Kamahayanikam
Sebuah kitab aliran Budha Mahayana berbahasa Sanskerta, berisi tuntunan dharma dan tata cara bersemedi menurut aliran Mahayana, dan ajaran tentang praktek Yoga yang diharuskan melalui bimbingan Guru. Selain itu juga berisi tentang bentuk penyucian jiwa raga dan harta dalam bentuk dana paramitha, yakni kesempurnaan pemberian derma, misal jenis makanan yang enak-enak, minuman yang manis-manis dan harum, diberikan kepada orang yang membutuhkan. Emas, pakaian, uang dan tanah di dermakan untuk fasilitas umum dll.
Melihat bahasa yang dipergunakan dalam kitab tersebut Sanskerta, jelas menunjukkan bahwa Medang betul-betul telah berhubungan dengan Benggala India Utara asal bahasa tersebut, yang saat itu sedang diperintah oleh dinasti Cola yang sangat terkenal dengan perguruan tingginya di Nelanda. Dengan demikian asumsi yang dapat dikemukakan adalah :
a.Kitab tersebut dikarang oleh pujangga pendatang dari Benggala, atau
b.Ditulis oleh bangsa sendiri lulusan Nelanda dan ingin menunjukkan kemampuannya berbahasa Sanskerta.
Perlu kami tambahkan bahwa untuk pergi belajar ke luar negeri, calon siswa harus terlebih dahulu mendapat rekomendasi dari Rakai Kanuruhan, yang berarti para siswa adalah tugas belajar dari negara (Kerajaan).
2.Kitab Brahmandapuruna
Yaitu kitab suci agama Hindu Saiwa, berbahasa Jawa Kuno, terdiri dari beberapa parwa, berisi tentang Kosmologi, kosmogoni, astronomi dan cerita-cerita kuno yang dikumpulkan dari cerita-cerita yang hidup dikalangan rakyat mengenai kehidupan par adewa, penciptaan dunia dan lain-lain, yang pada intinya memuat 5 hal (pancalaksana), yaitu :
a.Sarga, tentang penciptaan alam semesta
b.Pratisarga, tentang penciptaan kembali dunia setiap kali dunia lenyap (kiamat).
Menurut kitab ini bahwa berlangsungnya dunia sekarang hanyalah selama satu hari Brahma.
c.Wamsa, menguraikan tentang asal usul para Dewa dan Rsi (pendeta tertinggi)
d.Manwantarani, berisi tentang pembagian waktu, yaitu satu hari Brahma terbagi dalam 14 masa. Dalam setiap masa manusia itu dicipta kembali sebagai keturunan Manu, manusia pertama (Adam)
e.Wamsanucarita, berisi tentang sejarah Raja-raja yang memerintah diatas dunia.
Kosmologi sebagai salah satu cabang filsafat yang mempelajari tentang alam semesta sebagai sistem yang beraturan, dan kosmogoni yang mempelajari tentang asal mula terjadinya benda-benda langit dan alam semesta, serta astronomi yang mempelajari tentang matahari, bulan, bintang dan planet-planet lainnya, sangat penting dipelajari untuk pengembangan ilmu pengetahuan, agama dan pertanian.
Tidak hanya bagi wariga (ahli perhitungan musim untuk pertanian) perhitungan waktu merupakan hal yang sangat penting, tapi Kerajaan maupun masyarakat luas sangat membutuhkan juga perhitungan-perhitungan tersebut dalam setiap kali akan melakukan aktifitasnya, termasuk memulainya peperangan, pindah rumah, perhelatan, kegiatan pertanian, kelautan dan lain-lain.
Untuk hitungan hari dalam satu pekan (Minggu) terdapat hitungan yang lima hari (Poncowolo), enam hari (Sadworo) dan tujuh hari dalam satu pekan/minggu yang disebut dengan saptoworo.
Hitungan lima hari dalam satu pekan (poncowolo) sampai sekarang masih dikenal oleh masyarakat, walaupun sedikit telah mengalami pergeseran penulisan dan pengucapan.
-Pahing, biasa disingkat dengan Pa saja
-Pwan, sekarang Pon, disingkat Po
-Wagai, sekarang Wage, disingkat Wa
-Kaliwuan, sekarang Kliwon, disingkat Ka
-Umanis, sekarang Legi, disngkat U/Ma
Hitungan Sadworo atau enam hari dalam satu pekan, sekarang sudak tidak dikenal, namun demikian selengkapnya adalah :
-Tunglai, disingkat Tu/Tung
-Haryang, disingkat Ha
-Warukung, disingkat Wu
-Paniruan, disingkat Pa
-Was, disingkat Wa
-Mawulu, disingkat Ma
Disamping Poncowolo dan Sadworo, ada hitungan hari yang tujuh, yaitu Saptoworo
-Aditya (A/Ra)
-Soma (So)
-Anggoro (Ang)
-Budho (Bu)
-Wrhaspati (Wr)
-Cukrau (Cu)
-Sainascara (sa)
Nama-nama bulan dikenal dengan istilah antara lain :
-Magha (Januari ? Pebruari)
-Phalguno (Pebruari ? Maret)
-Caitra (Maret ? April)
-Bodro (Agustus ? September)
-Asuji (September ? Oktober)
-Karttiko (Oktober ? Nopember)
Upacara dan persembahan sesaji yang dilakukan secara teratur dan tetap menurut kebutuhan maupun kesepakatan pranata Agama menurut kalender, misal :
-Pratidina, yaitu upacara sesaji yang dilakukan setiap hari, untuk bangunan-bangunan keagamaan tertentu
-Pratimasa, yaitu upacara/sesaji yang dilakukan setiap bulan sekali
-Angken bisuwakala, yaitu upacara keagamaan yang dilakukan dua kali dalam setiap tahun. Biasanya diselenggarakan pada bulan Caitra dan Asuji
-Asuji, Badra, Karttika, yaitu upacara yang dilaksanakan setahun sekali pada bulan Asuji, Badra dan Karttika.
Sebagai persyaratan pokok sesaji, salahs atu perlengkapannnya adalah potongan-potongan kecil kayu Cendana yang untuk wilayah Anjuk Ladang tidak terlalu sulit mencarinya, karena sejak dahulu kala telah tertanam dan merupakan perkebunan yaitu di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, yang sampai sekarang masih disakralkan.
Selain bahan sesaji, potongan-potongan kecil (tatal) kayu Cendana biasa dikunyah oleh para wiku dan Rsi di Padepokan, serta merupakan kebiasaan sebagai aroma penyegar mulut.

E.UKURAN TAKARAN DAN TIMBANGAN
Pada masa mPu Sindok memerintah Kerajaan Medang tahun 929 ? 947 Masehi, telah dikenal satuan ukuran, takaran dan timbangan yang dipergunakan untuk berbagai keperluan jual beli dan keperluan lainnya, misal :
-Ukuran luas : tampah, suku
-Ukuran panjang : dpa
-Takaran : Catu
-Ukuran berat : masa, pikul, bantal, kati, tahil
-Ukuran emas : Suwarna (Su)
-Ukuran perak : dharono
-Manusia atau binatang besar : prono
-Ukuran kain : wdihan, wdihan yu, ken
-Yang bisa dipegang tangan, misal padi : Agem dll
Contoh penggunaan ukuran tersebut sebagaimana terpahat antara lain pada prasasti Hering atau Prasasti Kujon Manis Tanjunganom (934 M) yang inti isinya sebagai berikut :
?Pada tahun 859 Saka atau 934 Masehi, pada bulan Phalguno (Pebruari ? Maret) telah terjadi transaksi pembelian tanah yang sangat luas oleh pejabat Desa (Samget) Marganung Pu Danghil dari beberapa orang penduduk desa (+ 26 orang), seluas 6 tampah 1 suku, seharga 5 kati 9 suwarna atau sekitar 3.773,36 gram emas.
Prasasti tersebut juga mencatat besarnya pasek-pasek atau pemberian hadiah yang harus diberikan kepada para pejabat yang berkompeten mulai tingkat kerajaan sampai pejabat tingkat bawah, berupa wdihan yu, dengan ketentuan sebagai berikut :
-Raja mendapatkan 5 wdihan yu
-2 orang mahapatih (I hino pu sahasra dan rakai wka Pu Baliswara) masing-masing 6 wdihan yu
-Rakai Sirikan pu Balyang 6 yu
-Rakai kanuruhan Pu Pikatan dan pu Sata masing-masing 1 wdihan yu
-Pu Rita 5 wdihan yu
-Dan seterusnya
Keterangan :
-Wdihan adalah sebutan untuk kain yang biasanya dikenakan oleh kaum pria yang sekarang dikenal dengan bebet
-Wdihan yu,a dalah seperangkat pakaian laki-laki termasuk iket (udeng Jw)
-Satu tampah + 20.250 M2
-Satu suku + 0,25 tampah
-Suwarna (Su) = ukuran satuan emas
-Dharana = ukuran satuan perak
-Kati (Ka) = 20 tahil = + 750 ? 768 gram
-Satu tahil (ta) + 38 gram
-Satu bantal = 20 kati
-Satu pikul = 5 bantal = 100 kati = 75 kg
Selain hitungan ukuran diatas, pada jaman mPu Sindok dikenal hitungan untuk volume (isi) yang biasanya dipergunakan untuk takaran beras atau minyak dan rempah-rempah, yaitu satuan Catu. Catu dibuat dari batok kelapa yang dipotong bagian atasnya (dikrowaki Jw). Ukuran satu catu + 300 ? 450 mililiter.

F.PERTANIAN
Beras merupakan bahan makanan pokok penduduk Medang, diproduksi oleh sebagian besar masyarakat petani dengan memanfaatkan lembah Sungai Brantas yang terkenal subur sebagai lahan produksi.
Untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok tersebut, dilakukan berbagai usaha ekstensifikasi maupun intensifikasi pertanian. Ekstensifikasi yaitu dengan pembukaan sawah secara besar-besaran yang antara lain melalui pranata penetapan Sima, dimana kegiatannya selalu didahului dengan pembukaan kebun, padang rumput, tegal ataupun hutan dijadikan sawah produktif.
Selain melalui ekstensifikasi, dilakukan juga intensifikasi penunjang pertanian dengan pengaturan sistem pengairan yang memadai untuk men-suply kebutuhan air bagi pertanian, disamping pemanfaatan yang lain seperti usaha perikanan dan rekreasi.
Untuk itu dibangun fasilitas infrastruktur, yang dalam skala kecil dikelola oleh masyarakat sendiri, seperti : talang, weluran, urung-urung dan tambak. Sedangkan yang beskala besar dikelola oleh Kerajaan, seperti misal bangunan Dawuhan dan Bendungan, sebagaimana tertulis pada prasasti Bakalan (934 M) maupun prasasti Sarangan (929 M) yang keduanya mengatur sistem pengairan Kali Kunto.
Dalam prasasti Bakalan tersebut berisi perintah dari Rakryan Mangibil (isteri Raja Sindok) untuk membuat bangunan 3 buah dawuhan, yakni Kaliwuhan, Wwtan Wulas dan Wwtan Tamya, yang kemudiannya diketahui bahwa dulunya dawuhan Tamya tersebut berukuran 175 x 350 m, yang dapat menampung air sebanyak + 350.000 M3.
Bendungan yang lain adalah di Wwtan Mas (Bajulan Loceret) yang kelak akan melahirkan sederetan dongeng Panji Semirang/Ande-ande lumut.
Hasil produksi beras Kerajaan Medang melalui pola ekstensifikasi dan intensifikasi pada akhirnya melimpah ruah, surplus bagi konsumsi masyarakat Medang sendiri, hingga sangat memungkinkan untuk dijadikan bahan komoditi perdagangan antar pulau di luar ibukota Medang.
Akibat perdagangan itulah yang kemudian meramaikan dermaga-dermaga seperti : Bandaralim (Demangan ? Tanjunganom), Dermaga Ujung Ngkaluh (Jombang) maupun Kembang Putih (Tuban).

Segera Move On, Tinggalkan Kenangan terhadap Mantan

0
“Kami menikah sudah lima tahun. Tapi istri saya masih terus terobsesi oleh mantan pacarnya dulu. Sampai sekarang masih berkomunikasi melalui fesbuk dan sering chat melalui WhatsApp,” keluh seorang suami.
“Setiap saya ingatkan, ia selalu mengatakan itu hanya silaturahmi biasa. Tidak ada hubungan khusus lagi. Terus terang saya tidak percaya, karena intensitas komunikasi mereka berdua melalui gadget semakin meningkat. Saya khawatir hubungan itu akan membuat istri saya tambah lengket dengan mantannya yang juga sudah punya istri,” lanjutnya.
Demikianlah, dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak dijumpai lelaki atau perempuan yang sudah menikah, masih terus ingat kepada sang mantan. Dengan berbagai alasan, mereka masih menjalin interaksi dan komunikasi, baik secara langsung maupun melalui teknologi komunikasi. Mereka masih menjalin hubungan intens dan tentu saja hal ini sangat mengganggu perasaan pasangan.
Dalam beberapa kasus tertentu bahkan kondisinya lebih parah. Seseorang memutuskan menikah agar bisa segera move on. Menikah sebagai pelarian dari rasa sedih diputus sang kekasih. Karena motivasi menikah hanya untuk mengobati sakit hati terhadap mantan, maka ketika pernikahan dengan pasangan tidak segera mendapatkan kebahagiaan, muncullah berbagai kekecewaan. Ia menikah secara fisik dengan pasangan, namun hatinya masih tertambat kepada sang mantan.
Penyebab Selalu Ingat Mantan
Banyak orang yang terjerat oleh masa lalu, dan tidak bisa segera move on. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor pemicu sebagai berikut:
1. Masih menyimpan rasa penasaran
Ketika putus dengan pacar, kadang menyisakan banyak pertanyaan yang tak terjawab sampai seseorang menikah. Hal ini membuat rasa penasaran, apalagi kalau peristiwanya diputus tanpa penjelasan dan hanya ditinggalkan begitu saja. Sangat banyak hal ingin diketahui, mengapa ia demikian tega memutus hubungan yang sudah sangat lama dijalin. Muncul rasa penasaran ingin mendapatkan berbagai jawaban. Inilah yang membuat selalu teringat mantan, karena masih menyimpan rasa penasaran.
Kadang rasa penasaran muncul dalam bentuk ingin mengetahui kehidupan rumah tangga sang mantan bersama pasangannya. Apakah ia bahagia bersama pasangannya? Seperti apakah sosok pasangannya? Seperti apa sosok sang mantan sekarang? Rasa penasaran ini mengusik sehingga ia mencoba mengintip kehidupan keluarga sang mantan melalui berbagai cara dan bantuan teknologi.
2. Sudah terlanjur memberikan banyak pengorbanan
Ketika di masa menjalin hubungan khusus telah terlanjur memberikan banyak pengorbanan --baik harta, jiwa, maupun cinta-- ini membentuk kenangan yang sulit dilupakan bersama sang mantan. Seorang perempuan yang rela melepaskan kehormatan dan kesucian dengan sang pacar di masa lalu, akan sangat sulit melepaskan ingatan dengan mantan. Seorang lelaki yang telah melakukan banyak pengorbanan demi kekasihnya, akan cenderung memiliki ikatan perasaan yang bertahan lama.
Apalagi ketika ternyata pasangan yang sekarang tidak tampak menunjukkan kesediaan berkurban. Ingatan kepada sang mantan akan semakin kuat. Berbagai ingatan masa lalu bersama sang mantan segera hadir satu per satu, sebagai bentuk pelarian dari rasa kekecewaan terhadap pasangan.
3. Ada kelebihan sang mantan yang tidak ada pada pasangan
Kadang orang suka membandingkan antara pasangan dengan sang mantan. Ketika ada kelebihan yang dimiliki mantan dan tak dimiliki pasangan, akan kembali memunculkan kekaguman terhadap sang mantan. Misalnya perhatian, romantisme, kelembutan sang mantan yang tidak didapatkan dari pasangan, akan segera memunculkan perbandingan dan ingatan terhadap sosok mantan.
Padahal semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada manusia sempurna. Namun pada saat kondisi hubungan dengan pasangan demikian menyebalkan, berbagai kelebihan sang mantan seakan-akan menegaskan betapa ia memang istimewa.
4. Bertemu dengan mantan
Semua ingatan masa lalu bersama mantan bisa hadir hanya karena menyambung komunikasi atau bertemu kembali. Meski sekedar tidak sengaja ketemu di jalan, bertemu saat reuni, atau berteman di sosial media. Peristiwa pertemuan ini segera membuka kembali berbagai ingatan yang sudah ingin dikubur dalam-dalam. Apalagi ketika dari pertemuan itu berlanjut kepada komunikasi melalui teknologi komunikasi.
Bermula dari reuni, berlanjut kepada komunikasi. Sekedar say hello melalui WhatsApp, mencolek di fesbuk, mengirim emoticon melalui Line, mengirim foto melalui Instagram dan lain sebagainya, akan semakin menguatkan ingatan dan ikatan emosi terhadap sang mantan.
5. Belum menemukan kebahagiaan dengan pasangan
Ketika hubungan dengan pasangan belum segera menemukan kebahagiaan, akan memudahkan hadirnya ingatan terhadap mantan. Apalagi ketika dalam kehidupan berumah tangga, merasa disakiti oleh pasangan, perasaan sakit hati, merasa tidak dicintai, merasa tidak dimengerti, merasa tidak dipahami oleh pasangan, akan memudahkan munculnya sikap pelarian.
Suatu ketika dalam kehidupan berumah tangga terjadi pertengkaran, percekcokan, konflik atau ketidakharmonisan, kadang membuat seseorang ingin melarikan diri dari kondisi itu dengan mengenang masa-masa indah bersama mantan. Mencoba menengok kembali album memori lama, saat merasakan bahagia bersama mantan, sebagai bentuk pelarian dari ketidakbahagiaan bersama mantan.


ilustrasi : www.randymatheson.com
Langkah Move On
Jika beberapa sebab di atas terjadi, dan ingatan terhadap mantan sering hadir kembali, bagaimana cara untuk mengatasinya? Apa langkah yang tepat agar bisa segera move on? Berikut beberapa langkah untuk menghilangkan ingatan terhadap mantan.
1. Bersihkan jiwa dengan taubat
Ketika Anda dihantui oleh bayangan mantan, artinya jiwa Anda tengah terkotori oleh dosa. Bersihkan jiwa Anda dengan jalan taubat. Dosa dan kesalahan di masa lalu tidak untuk dikenang dan diabadikan, namun untuk dibersihkan dan dikuburkan dengan taubat. Hubungan yang pernah dijalin dengan mantan di masa lalu yang tidak dalam ikatan pernikahan, tentu menjadi sebuah endapan dosa yang mengotori jiwa. Ini harus dibersihkan dengan jalan pertaubatan yang benar.
Bukan hanya soal dosa di masa lalu bersama mantan, seseorang yang sudah berumah tangga masih terus mengingat mantan dengan penuh kegembiraan, ini pun sebentuk dosa baru di masa sekarang. Maka mohon ampunan kepada Allah, dan perbarui taubat itu setiap hari. Sampai bersih, tidak ada lagi kenangan dan ingatan bersama mantan. Jika ingatan bersama mantan masih selalu hadir, ini menandakan proses pertaubatan belum selesai.
Jika taubatnya benar, semua kenangan masa lalu itu sudah tidak akan muncul lagi. Sudah tidak akan diceritakan lagi kepada siapa pun, apalagi membanggakannya.
2. Kubur semua kenangan masa lalu
Kuburkan semua masa lalu bersama sang mantan dengan jalan membuang semua benda kenangan yang bisa mengingatkan kembali tentangnya. Kadang seseorang masih menyimpan berbagai benda, suvenir, atau foto, atau hal lain yang akan mudah mengingatkan tentang si mantan. Buang itu semua, dan jangan pernah menyimpan lagi kenangan bersamanya.
Ketika benda kenangan itu terlalu mewah untuk dibuang, bisa dijual untuk dibelikan yang baru, agar bisa membuang kenangan terhadap mantan dari benda itu. Misalnya pernah dibelikan rumah, mobil, motor, atau benda mahal lainnya. Sayang kalau dibuang. Namun akan selalu menghadirkan kenangan terhadap mantan jika terus digunakan. Jual saja, hasil penjualan bisa dibelikan kembali barang serupa.
3. Buang rasa penasaran
Saat ini dia bukan siapa-siapa bagi Anda. Tidak ada kepentingannya Anda mengintip kehidupan sang mantan. Apakah dia bahagia atau tidak, itu bukan urusan Anda. Hilangkan rasa penasaran terhadap sang mantan, karena hal itu yang membuat anda terus-menerus terobesi tentangnya. Jika ada banyak pertanyaan belum terjawabkan, biarkan waktu yang akan memberikan jawaban.
Apa pun alasannya, tidak ada perlunya Anda mengetahui kondisi sang mantan. Jangan pernah mengganggu dan mengusik kehidupannya. Mungkin saja ia akan terusik saat Anda memasuki kehidupannya, mungkin saja ia akan menangis sedih saat Anda menyapanya kembali, namun sekali lagi, itu bukan urusan Anda lagi. Tidak ada kepentingannya Anda memasuki kehidupannya saat ini. Buang jauh-jauh rasa penasaran yang mengajak Anda mengetahui kondisinya.
4. Buang persepsi "cinta tak mesti memiliki"
Kisah ‘kasih tak sampai’ sering menyisakan persepsi "cinta tak mesti memiliki". Kadang orang berpikir, ‘biarlah ia bahagia bersamanya’, atau ‘jika ia bahagia akupun akan bahagia’. Lebih parah lagi jika orang memiliki persepsi ‘cintaku hanya untuknya’, padahal ia sudah menikah dengan orang yang berbeda. Ini akan membuat suasana keterbelahan jiwa, memberikan tubuh dan pelayanan kepada pasangan, namun memberikan hati kepada sang mantan.
Buang persepsi ‘cinta tak mesti memiliki’, karena akan semakin menyakitkan bagi Anda. Itu hanya kisah drama, sinetron atau buku roman. Hiduplah di alam nyata. Saat ini ada keluarga yang Anda miliki dan harus Anda cintai. Jangan hidup di alam mimpi, segera bangunlah dan hadapi kenyataan.
5. Jangan pernah membandingkan
Pasangan Anda memiliki kelebihan dan kekurangan, sebagaimana juga diri Anda. Namun kekurangan pasangan tidak untuk dibandingkan dengan sang mantan, atau dengan siapa pun juga. Tidak ada orang yang senang dibandingkan, apalagi dibandingkan dengan orang yang pernah Anda berikan hati dan perasaan. Ini akan sangat menyakitkan bagi pasangan.
Jika mantan Anda punya kelebihan, sesungguhnya pasangan Anda juga memiliki kelebihan. Jika ada kehebatan dalam diri mantan, pun demikian pada diri pasangan. Tidak perlu membandingkan dan mencari-cari kelemahan pasangan. Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada manusia sempurna.
6. Hindari interaksi dan komunikasi
Jangan melakukan interaksi dan komunikasi dalam bentuk apa pun dengan sang mantan. Walau hanya lewat teknologi komunikasi, itu bisa membuka celah untuk komunikasi yang lebih dalam dan intens. Anda tidak wajib datang reuni, dan tidak perlu merasa bersalah hanya karena tidak datang di acara reuni. Jika ternyata di acara reuni itu Anda akan ketemu mantan, lebih baik jika Anda sengaja menghindari.
Semua titik interaksi dan komunikasi hendaknya dengan sadar Anda jauhi. Apalagi sampai curhat kepada mantan, ini sangat berbahaya. Tidak boleh Anda lakukan, karena jika sampai ketahuan pasangan, akan meledak menjadi persoalan yang mengancam keutuhan keluarga Anda.
7. Temukan kebahagiaan bersama pasangan
Temukan kebahagiaan Anda bersama pasangan. Saat ada masalah dengan pasangan, hadapilah dan selesaikan dengan baik dan bijak. Jangan melarikan diri dari masalah. Mendekatlah terus kepada pasangan untuk menguatkan kebahagiaan bersamanya. Apalagi kalau sudah memiliki anak, harus semakin menguatkan hubungan dengan pasangan demi membesarkan dan mendidik anak-anak.
Ingat, pasangan adalah belahan jiwa Anda. Jangan mengkhianatinya. Pasangan adalah ‘milik’ Anda, sementara mantan sama sekali bukan hak Anda. Perkuat hubungan dengan pasangan yang sudah jelas-jelas menjadi ‘milik’ Anda, jangan sampai meninggalkan pasangan hanya karena mengejar seseorang yang sudah menjadi milik orang lain.
Demikianlah beberapa langkah agar Anda segera move on, segera menghadapi realitas kehidupan nyata yang memang harus anda jalani. Songsong masa depan keluarga Anda yang masih panjang membentang di hadapan.
sumber : http://www.kompasiana.com/pakcah/segera-move-on-tinggalkan-kenangan-terhadap-mantan_54f35162745513a42b6c6fe2

Waktu Terbaik “Bercinta” Menurut Islam dan Sains

0
Waktu Terbaik “Bercinta” Menurut Islam dan Sains
Salah satu hal penting dalam kehidupan suami istri adalah “bercinta”. Ia menjadi hak sekaligus kewajiban suami-istri untuk saling membahagiakan, sekaligus langkah ikhtiar menghadirkan generasi baru.
Lalu kapankah waktu (jam) terbaik “bercinta” dalam pandangan Islam dan medis? Berikut penjelasannya.

Waktu “bercinta” dalam pandangan Islam

Secara umum, jam berapapun suami-istri diperbolehkan Islam untuk “bercinta.” Namun, perlu diperhatikan agar tidak menabrak waktu shalat jama’ah sehingga suami ketinggalan shalat jama’ah. Selain itu, perlu diperhatikan juga waktu yang tidak kondusif semisal ada anak-anak yang tengah terjaga dan lain-lain.
Secara khusus, ada tiga waktu yang diisyaratkan dalam Al Qur’an; yakni sebelum Subuh, tengah hari dan setelah Isya’.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لِيَسْتَأْذِنْكُمُ الَّذِينَ مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ وَالَّذِينَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنْكُمْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ مِنْ قَبْلِ صَلَاةِ الْفَجْرِ وَحِينَ تَضَعُونَ ثِيَابَكُمْ مِنَ الظَّهِيرَةِ وَمِنْ بَعْدِ صَلَاةِ الْعِشَاءِ ثَلَاثُ عَوْرَاتٍ لَكُمْ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلَا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌ بَعْدَهُنَّ طَوَّافُونَ عَلَيْكُمْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَعْضٍ
“Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum baligh di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum shalat subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah shalat Isya. (Itulah) tiga ’aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebahagian kamu (ada keperluan) kepada sebahagian (yang lain)…” (QS. An Nur : 58)
Ayat di atas memang tidak secara tegas menyebut waktu “bercinta” namun dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa para sahabat menyukai saat-saat tersebut untuk “bercinta.”
Diantara tiga waktu tersebut, mana yang terbaik? Yang paling sering dipilih adalah setelah Isya’.

Waktu “bercinta” dalam pandangan Sains

Pukul 06:00 – 08:00
Pada jam-jam ini, produksi hormon testosteron pada pria naik sehingga gairahnya juga tinggi. Namun, kadar melatonin pada wanita tinggi dan suhu tubuhnya rendah sehingga ia tidak terlalu suka “bercinta.”
Pukul 08:00 – 10:00
Pada jam-jam ini, hormon endorfin wanita mencapai level tertinggi dan membuatnya bergairah. Namun, hormon testosteron paa pria telah kembali ke normal. Jadi pada jam-jam ini, wanita siap “bercinta”, pria tidak begitu siap.
Pukul 10:00 – 14:00
Jam-jam ini adalah jam-jam sibuk dalam kehidupan modern, baik yang bekerja di luar rumah maupun wanita yang mengurusi pekerjaan rumah tangga.
Pukul 14:00 – 16:00
Jam-jam ini adalah saat terbaik sistem reproduksi wanita. Sperma yang diproduksi pria juga memiliki kualitas terbaik sekitar jam 4 sore ini. Dokter umumnya menyarankan memanfaatkan waktu ini untuk pasangan yang ingin cepat hamil. Namun bagi yang bekerja pada jam kerja normal, jam-jam ini termasuk jam-jam sibuk.
Pukul 16:00 – 20:00
Pada jam-jam ini tubuh pria maupun wanita cenderung ingin istirahat dari kesibukan dan kepenatan setelah seharian beraktifitas
Pukul 20:00 – 22:00
Pada jam-jam ini wanita sangat bergairah dan siap berhubungan. Pun, pria dalam kondisi santai. Jam-jam inilah waktu terbaik “bercinta”
Tengah malam – dini hari
Pada jam-jam ini tingkat melatonin wanita sangat rendah, dengan sensitifitas tinggi. Namun, umumnya wanita tidak bersemangat. Pria juga dalam kondisi tenang dan santai. Jadi tergantung kondisi keduanya apakah mau menyempatkan di waktu ini atau lebih memilih istirahat.

Sumber : http://www.muslimahcorner.com