Air terjun tiga tingkat, Air tejun ngebeleng Jatikalen Nganjuk


Kabupaten Nganjuk merupakan nama salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur, daerah ini memiliki luas 122.433 Ha yang terdiri dari dataran dan pegunungan. Dengan kondisi wilayah tersebut, tempat wisata di Nganjuk memang lebih banyak wisata alam meskipun ada juga tempat wisata yang lain. Berikut adalah tempat wisata di Nganjuk untuk anda kunjungi.

Air tejun ngebeleng adalah salah satu objek wisata yang anyar daerah Nganjuk, terletak di Dusun Tondowesi Desa Pule, Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk. Air terjun anyar ini mulai populer di tahun 2014,  karena memiliki bentuk unik, dalam waktu beberapa bulan saja sudah banyak pengunjung yang datang kesini, walaupun belum secara resmi dibuka sebagai tempat wisata oleh pemerintah.

ada 2 jalur menuju ke Air Terjun Ngebleng :
1. Dari Jombang kota - Plandaan - Balai Desa Lumpang Kuwik(masuk wilayah nganjuk) - Desa Cekel - Desa Lengkong Geneng (Ada  Jembatan belok Kiri) - Dusun Tondowesi Lor/Utara(Ndosie) cari rumahnya P.Amin RT.04 RW. 9 No.79, sebelah lapangan foli/Lapangan gembala sapi, buat parkir sepeda motor.
2. Dari Jombang kota - Plandaan (Sebelahnya polsek plandaan ada pertigaan belok kanan arah ke Kedung Cinet ) - Tanggugan( Balai desa pojok klitih ) - Balai Desa Pule - Sekolahan sdn Pule belok kanan-ndusun Putuk - Dusun Klitih - Dusun Tondowesi Lor/Utara(Ndosie) Ndosie cari rumahnya P.Amin RT.04 RW. 9 No.79, sebelah lapangan foli/Lapangan gembala sapi, buat parkir sepeda motor.

Air Terjun Ngebleng masih alami dan belum di kelola oleh daerah setempat, belum ada karcis masuk, parkir di rumah warga seiklasnya. Untuk menuju air terjun jalan kaki ± 2 km/ 1 jam an dari rumah warga, kalau musim kemarau sepeda motor bisa langsung ke air terjunnya. pas musim penghujan debit airnya lumayan deras, kalau musim kemarau airnya surut/sedikit.


 Jalan menuju air terjun ini sangatlah melelahkan menurut saya sendiri, padahal saya sendiri adalah penduduk asli nganjuk. Karena kita harus masuk ke pelosok pelosok desa, dan kemudian meninggalkan kendaraan, lalu masuk ke hutan untuk menuju ke tempat air terjun, berjalan sejauh 3 kilometer, namun rasa lelah akan hilang ketika anda melihat keunikan air terjun ngebleng ini yang sangat benar-benar unik. Air terjun ini mempunyai 3 tingkatan, dengan ketingian sekitar 12 meter dari bawah. jika anda berkunjung ke kota nganjuk jangan lupa untuk datang ke wisata yang satu ini. Ada juga wisata Air terjun  yang tidak kalah uniknya, adalah Air Serjun Sedudo. Nah jika anda penasaran datang saja ke kabupaten Nganjuk


Artikel Terkait

Previous
Next Post »