6 Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan Tubuh

Ubi merupakan jenis tanaman merambat yang menyimpan makanan pada akarnya, seperti tanaman singkong. Ubi memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan warnanya, salah satunya adalah ubi ungu. Ubi ungu merupakan jenis yang juga banyak diolah sebagai produk makanan yang sering kita jumpai di tempat pariwisata dan diproduksi oleh warga lokal, contohnya keripik ubi ungu. Selain itu, daun ubi ungu juga banyak dimanfaatkan untuk dimasak tumis dengan bumbu saus tiram atau bumbu lainnya.

Banyak masyarakat yang berspekulasi jika mengkonsumsi ubi ungu hanya dapat memicu diabetes atau kencing manis dan obesitas. Sebenarnya, hal tersebut memang dapat terjadi karena kandungan karbohidrat di dalamnya sangat tinggi apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan berlebihan. Sedangkan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang pas dan mencukupi kebutuhan nutrisi dari ubi ungu per hari tidak akan memicu timbulnya penyakit obesitas dan diabetes.

Ubi ungu merupakan jenis ubi yang memiliki rasa manis dan enak setelah ubi madu atau ubi cilembu.  Selain rasanya yang enak dan legit, ubi ungu juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Nah manfaat apa sajakah itu, simak ulasan berikut ini.

Khasiat Ubi Ungu bagi Kesehatan dan Diet / Menurunkan Berat Badan

  • Mencegah Diabetes
Banyak orang yang berspekulasi jika memakan ubi ungu akan dapat mengakibatkan obesitas dan diabetes. Padahal menurut penelitian yang dilakukan di Austria pada tahun 2003 menyebutkan terjadi penurunan resistensi  insulin pada penderita diabetes tipe 2. Sebab, ubi ungu memiliki tingkat glikemik yang lebih sedikit dibandingkan dengan nasi ataupun roti.

  • Menurunkan Berat Badan
Pernahkah mengkonsumsi ubi ungu rebus? Jika belum, disarankan untuk tidak terburu – buru dalam mengkonsumsi ubi rebus tersebut. Sebab, ubi ungu kaya akan serat yang dapat mengakibatkan tersedak walaupun hanya dalam sekali gigitan dan jangan lupa untuk selalu sedia air mineral atau teh saat mengkonsumsi ubi ungu rebus. Nah, dari kandungan serat yang sangat tinggi inilah ubi ungu dapat dijadikan sebagai makanan pokok dalam program diet. Hanya dengan mengkonsumsi satu buah ubi ungu rebus ukuran sedang dapat menahan lapar hingga beberapa jam - jam lamanya. Sebab saat direbus ubi ungu akan mengeluarkan rasa manis, tinggi serat dan rendah kalori. 

  • Kaya Vitamin A
Ubi memiliki kandungan vitamin A yang tinggi di dalamnya, sehingga mampu menyuplai kebutuhan akan vitamin A per harinya hanya dengan mengkonsumsi ubi ukuran sedang. Guna vitamin A adalah menyehatkan mata, sehingga terhindar dari penyakit mata dan menyehatkan kulit.

  • Mencegah Kanker
Ubi ungu termasuk ke dalam jenis umbi – umbian yang kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Sehingga mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor, gangguan saluran kemih, infeksi perut serta paru – paru.

  • Meningkatkan Sistem Imun
Ubi juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga mampu mencukupi kebutuhan vitamin C sebanyak 66% per hari. Fungsi dari vitamin C tersebut adalah meningkatkan sistem imun dan mencegah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seperti flu dan batuk. Selain itu, ubi ungu juga kaya akan kandungan mineral, seperti kalsium yang baik untuk tulang, zat besi mencegah anemia, tembaga, potassium dan mangan.

  • Melancarkan Pencernaan
Dengan adanya kandungan serat yang tinggi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium dan potassium dalam ubi ungu, dapat membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Sehingga terhindar dari sembelit, mengatasi sakit perut akibat radang dan gangguan pencernaan lainnya.

Nah, itulah tadi manfaat dari ubi ungu bagi kesehatan. Sekarang ada satu resep berbahan dasar ubi ungu yang dapat dicoba di rumah, yaitu :

“ Resep Cara Membuat Klepon Ubi Ungu”

Bahan :
  1. Ubi Ungu yang bagus 250 gram  
  2. Tepung Ketan 100 gram
  3. Gula Jawa 50 gram
  4. Parutan Kelapa yang dikukus dan ditaburi garam 100 gram
  5. Air hangat 70 cc
  6. Garam secukupnya

Cara Membuat :
  1. Pertama, cuci ubi ungu lalu bersihkan dari kulitnya. Kemudian kukus sampai matang, apabila ditekan dengan sendok sudah lunak atau tidak keras.
  2. Angkat ubi ungu yang telah dikukus. Setelah agak dingin lumatkan sampai halus.
  3. Campurkan ubi ungu dengan tepung ketan dan tambahkan air hangat. Kemudian, aduk sampai semua bahan merata dan kalis.
  4. Ambil adonan tadi secukupnya, bentuk bulat seperti bola pingpong. Tekan dengan menggunakan jempol sampai terdapat lubang, lalu isi dengan gula jawa. Tutup lagi seperti semula berbentuk bulat kembali dan lakukan cara ini sampai adonan habis.
  5. Masak air sampai mendidih, kemudian masukan perlahan adonan klepon yang sudah diisi gula jawa tadi. Apabila adonan tersebut timbul atau mengambang pertanda adonan klepon tadi sudah matang, angkat lalu tiriskan.
  6. Setelah agak dingin, taburi dengan parutan kelapa yang sebelumnya sudah dikukus dan ditaburi sedikit garam hingga merata. Nah, kue klepon ubi ungu siap untuk disajikan.
  7. Klepon ubi ungu lebih nikmat lagi ditemani segelas teh hangat atau wedang jahe. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »