Embung Estumulyo, Destinasi Wisata Baru Di Nganjuk

Embung Estumulyo, Destinasi Wisata Baru Di Nganjuk. Assalamualaikum trip-er, melanjutkan NGEtrip kemarin masih dari Kota Nganjuk (Baca : Air Terjun SingoKromo, Air Terjun Yang Masih Alami Di Nganjuk). Kali ini tempat wisata yang kita bahas adalah Embung Estumulyo. Sekedar info saja embung adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait (sungai, danau). Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan. Embung menampung air hujan di musim hujan dan lalu digunakan petani untuk mengairi lahan di musim kemarau.

Embung Estumulyo sendiri terletak di Desa Bulurejo, kecamatan Sawahan, kira-kira 25 kilometer dari tengah kota Nganjuk. Kecamatan Sawahan sendiri merupakan daerah pegunungan sehingga hawa di sana sangat sejuk. Rute untuk menuju Embung Estumulyo Nganjuk adalah  Dari alun-alun Nganjuk, lurus saja melewati jalan A Yani, sampai menemui Adipura Loceret, lalu belok kanan. Sampai ke kecamatan Berbek. Lalu belok kiri lurus aja naik gunung. Sampai Pasar Sawahan lurus terus. Beloklah ke kanan kalau sudah melewati pertigaan Hotel Sanggrahan. Lurus saja sampai menemui pertigaan. Belok kiri. Lurus sampai pertigaan lagi, belok kanan. Ikuti jalan sampai ke lokasi. Jalan menuju Embung Estumulyo ini sebagian besar sudah diaspal sehingga mudah untuk dilalui baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Karena Embung Estumulyo ini bukan merupakan tempat yang belum banyak dikenal orang dan belum dikelola sebagai tempat wisata, maka untuk masuk ke Embung Estumulyo ini tidak ada retribusi alias gratis. Walaupun gratis Embung Estumulyo mampu memberikan pemandangan yang sangat memukau, tak kalah dengan tempat-tempat wisata lain.

Di Embung Estumulyo ini juga terdapat perahu getek (perahu dari bambu), jadi apabila Anda menemui perahu ini Anda bisa berfoto-foto ria dengan background pemandangan yang keren. Di sini kita juga akan menjumpai beberapa warga yang sedang memancing seperti di bendungan-bendungan lain.

Bila Anda berkunjung ke Kota Nganjuk, luangkan waktu untuk Ngetrip ke Embung Estumulyo ini ya. Sekian review singkat tentang Embung Estumulyo di Nganjuk. Mari Ngetrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.
sumber : maringetrip

Artikel Terkait

Previous
Next Post »